Diet Agar Cepat Kurus

Ada beberapa cara alami yang bisa Anda lakukan untuk menurunkan berat badan , di antaranya adalah:

  1. Kurangi asupan kalori. …
  2. Kurangi asupan karbohidrat. …
  3. Hindari makanan siap saji. …
  4. Perbanyak olahraga dan aktivitas fisik. …
  5. Cobalah berpuasa. …
  6. Cukupi waktu tidur dan kurangi begadang

Cara menurunkan berat badan identik dengan kata diet. Ya, memang untuk menurunkan berat badan kita mesti melalui proses diet. Namun diet di sini tidak melulu soal diet ekstrim yang tidak makan sama sekali hanya agar berat badan cepat turun. Diet dengan perubahan pola makan yang drastis apalagi sampai tidak makan, malah berisiko terkena gangguan kesehatan pula. Meski sudah berusaha keras, diet yang tidak sehat juga tidak membuat perubahan yang signifikan. Terapkan gaya hidup sehat demi menjaga kestabilan berat badan ideal dalam jangka waktu yang panjang.

1.Bagaimana cara mengurangi asupan kalori ?

Jika memang Anda ingin mencoba diet rendah kalori untuk menurunkan berat badan Anda, maka syarat yang harus dilakukan adalah:

1. Energi rendah

Seperti yang telah disebutkan sebelum-sebelumnya, energi harus dikurangi secara bertahap. Tahapan ini disesuaikan juga dengan kebiasaan makan, kualitas, serta kuantitas makanan yang dimakan. Untuk menurunkan berat badan sebanyak ½ sampai 1 kg dalam satu minggu, maka energi yang harus dikurangi adalah sekitar 500 hingga 1000 kg/m2.

2. Protein sedikit lebih banyak

Yaitu sekitar 1-1,5 gr/kgBB/hari atau setara dengan 15-20% dari kebutuhan total. Jika Anda melakukan diet rendah kalori sebanyak 1500 kalori, makan 56 sampai 75 gram protein sehari. Porsi protein yang agak lebih tinggi ini dimaksudkan untuk mencegah Anda kelaparan, karena protein bisa membuat rasa lapar muncul sedikit lebih lama.

Sumber protein yang dianjurkan adalah daging tanpa lemak, ayam tanpa kulit, telur, daging asap, susu serta keju yang bersifat rendah lemak, tempe, tahu, kacang kedelai, dan berbagai kacang-kacang lainnya yang disajikan tanpa minyak goreng. Sedangkan untuk jenis protein yang harus dihindari adalah semua makanan yang berlemak tinggi, seperti kulit ayam, kambing, jeroan, dan santan kental.

3. Lemak secukupnya atau sedang

Dengan porsi lemak sebanyak 20-25% dari kebutuhan kalori total per hari. Sehingga, jika diet rendah kalori yang Anda lakukan adalah sebanyak 1500 kalori, maka lemak yang harus dikonsumsi dalam sehari yaitu sekitar 33 sampai 41 gram lemak dalam satu hari.

Namun, jangan lupa untuk melihat sumber dari lemak yang Anda makan. Yang terpenting di sini adalah pemilihan lemak yang tepat, usahakan untuk mengambil sumber lemak yang mengandung makanan lemak tidak jenuh ganda yang kadarnya tinggi. Contoh sumber lemak yang harus dihindari adalah minyak kelapa, kelapa, dan santan.

4. Karbohidrat kompleks

Yang diatur lebih rendah dibandingkan dengan porsi normalnya dalam sehari, yaitu sebanyak 55-65% karbohidrat. Pilih juga jenis karbohidrat yang kompleks sehingga membuat kadar gula darah langsung meningkat.  Sumber karbohidrat yang dianjurkan adalah jenis karbohidrat kompleks yaitu nasi, ubi, singkong, talas, kentang, dan sereal. Sedangkan makanan yang tidak dianjurkan adalah mengonsumsi karbohidrat sederhana yang terdiri dari gula.

Selain itu, dalam diet rendah kalori juga disarankan untuk:

  • Makan berat sebanyak 3 kali dan 2-3 kali adalah makanan selingan
  • Vitamin dan mineral cukup sesuai dengan kebutuhan.
  • Cairan yang harus dikonsumsi setiap malam yaitu 8-10 gelas/hari.
  • Jenis makanan lain yang harus dihindari, yaitu untuk buah-buahan hindari durian, manisan buah, atau buah kaleng. Sedangkan segala jenis sayuran sebenarnya boleh dimakan, namun hindari sayuran yang dimasak dengan santan yang kental.

2.Berapa Banyak Karbohidrat yang Harus Dibatasi supaya Berat Turun?

Diet rendah karbohidrat sebenarnya tidak memiliki aturan khusus. Cukup dengan mengurangi asupan karbohidrat dari biasanya. Pada umumnya, orang dewasa sehat dianjurkan mengonsumsi karbohidrat sekitar 300-400 gram per hari. Saat menjalani diet, asupan makanan karbohidrat dapat dikurangi hingga setengahnya menjadi sekitar 150-200 gram. Yang perlu diingat, kebutuhan karbohidrat setiap orang mungkin berbeda, tergantung dari usia, jenis kelamin, tinggi dan berat badan, tingkat aktivitas, juga kebutuhan kalori hariannya. Misalnya begini: kamu membutuhkan energi sebanyak 2000 kalori per hari. Normalnya, kamu membutuhkan asupan sekitar 900 kalori dari sumber makanan karbohidrat setiap hari. Ketika diet, kamu hanya makan 225 gram karbohidrat dalam sehari. Satu gram karbohidrat mengandung 4 kalori.

3. Hindari makanan siap saji

Selain mengurangi asupan kalori, menghindari makanan siap saji juga akan membantu Anda menurunkan berat badan, terutama jika sebelumnya Anda tergolong sering mengonsumsi makanan yang memanjakan lidah namun tinggi kalori ini.

Sebagai ganti makanan siap saji, Anda bisa memilih makanan yang mengandung protein tinggi, seperti ikan dan ayam, serta sayuran rendah karbohidrat. Dengan begitu, Anda tetap bisa merasa kenyang tanpa memakan banyak kalori. Sertakan bumbu dan rempah yang menggugah rasa agar Anda tidak merindukan makanan siap saji.

4.Olahraga Efektif Menurunkan Berat Badan

Berniat untuk menurunkan berat badan, tapi sebagian besar orang masih saja merasa kebingungan untuk memilih cara yang paling tepat. Padahal ada banyak cara yang bisa dipilih untuk menurunkan berat badan dengan cepat misalnya saja mengatur ketat pola makan, diet karbohidrat, hingga melakukan olahraga.

Sekarang ini, olahraga menjadi pilihan yang paling banyak digandrungi masyarakat. Dengan aktifitas olahraga tentunya akan membakar banyak kalori di tubuh, terutama jika Anda melakukannya dengan konsisten. Bukan hanya itu saja, olahraga ini juga akan membuat tubuh menjadi lebih fit dan sehat.

5. Cobalah Berpuasa

Kenaikan berat badan dapat disebabkan oleh pola makan yang salah. Namun, dengan memerhatikan nutrisi makanan yang dikonsumsi, puasa bisa menjadi metode penurunan berat badan atau diet.

6. Cukup Tidur Dan Kurangi Begadang

Jika kamu sudah mencoba beragam program diet, namun tak berhasil, mungkin kamu luput dengan yang satu ini.

Orang yang tidur rata-rata delapan jam per hari cenderung mengurangi ngemil makanan tak sehat. Jenis makanan tersebut merupakan salah satu faktor kenaikan berat badan.

Mereka yang tidur antara tujuh dan sembilan jam setiap malam memiliki lebih sedikit rasa lapar. Selain itu, orang-orang tersebut juga lebih cenderung memilih makanan yang lebih sehat, serta memiliki energi untuk berolahraga.

Mereka juga memiliki sedikit kesempatan untuk ngemil saat larut malam. Kelelahan bisa mengganggu keseimbangan hormon yang mengendalikan nafsu makan. Tidur yang diperpanjang, dapat menyebabkan penurunan yang signifikan dalam asupan gula bebas. “Durasi tidur dapat mempengaruhi pilihan makanan, serta berkontribusi untuk menjaga berat badan yang sehat.

Comments 2

  1. Aji berkata:

    Terima kasih web nya

    1. Tommy Richwan berkata:

      Terima kasih, sudah berkunjung ke web makanan sehat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *