Fitnes Untuk Pemula

Fitnes bukan lagi dibilang olahraga berat hanya untuk para lelaki saja. Tapi kini, perempuan pun dapat melakukannya untuk menjaga kebugaran tubuh, menurunkan berat badan, dan membentuk tubuh ideal. Olahraga fitnes juga bisa membuat bagian-bagian tubuh, seperti lengan, perut berotot.

Di kota-kota besar sekarang ini sangat mudah menemukan tempat fitnes atau tempat nge-gym. Mulai dari yang harganya mahal sampai yang murah, yang berada di pusat perbelanjaan hingga yang ada di pinggir jalan.

Salah satu cara untuk mendapatkan tubuh yang sehat dan ideal adalah dengan menggunakan sarana gym. Dengan nge-gym, Anda dapat melakukan latihan secara lebih ketat, sehingga tubuh ideal pun dapat segera Anda dapatkan. Namun gym bagi pemula tidak semudah itu

Latihan yang terbaik adalah latihan yang dilakukan secara teratur. Hal ini juga berlaku untuk Anda yang ingin nge-gym. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, Anda harus bisa melakukan olahraga gym secara teratur dan maksimal.

Oleh karena itu, menyusun jadwal latihan di gym sangat penting bagi Anda. Kebanyakan dari pengguna gym tidak memiliki jadwal yang teratur, hanya pergi ke gym ketika mood atau ada waktu luang. Hasil yang didapatkan pun tidak akan maksimal.

Anda sebagai pemula dapat menyusun jadwal nge-gym Anda sesuai kemampuan.

Misalnya Anda sanggup untuk latihan secara ketat, Anda mungkin dapat menyusun jadwal gym Anda menjadi setiap 4 kali seminggu pada jam tertentu, atau 5 sampai 6 kali seminggu saja bila Anda sudah mulai merasa terbiasa.

 Bagi para pemula yang ingin melakukan fitness, dapat memulai latihan dengan intensitas yang ringan supaya tubuh beradaptasi dahulu. Jika tubuh sudah mulai beradaptasi dengan latihan-latihan ringan maka dapat melanjutkan latihan fitness dengan intensitas yang lebih berat

Untuk para pemula khususnya perempuan, tahap awal fitness adalah fokus dengan latihan kardio terlebih dahulu, dimana berfungsi untuk membakar kalori tubuh serta untuk mengembangkan sistem kardiorespirasi. Selanjutnya kemudian fokus pada latihan kekuatan dengan tujuan membangun otot serta kepadatan tulang. Setidaknya itulah beberapa cara fitness yang benar yang perlu diketahui bagi pemula.

Selain itu, Anda juga harus melakukan peregangan statis secara rutin. Tujuannya supaya fleksibilitas tubuh meningkat dan untuk mempertahankannya.

Fitness, memang bukanlah suatu olahraga yang dapat dilakukan begitu saja. Kita harus memperhatikan beberapa hal penting agar semuanya bisa berjalan dengan maksimal.

Cara fitness yang benar selanjutnya adalah dengan melatih kekuatan dalam beberapa sesi latihan. Perempuan mempunyai hormon pembentukan otot dengan kadar lebih rendah secara alamiah. Dalam sesi latihan kekuatan ini dapat memberi manfaat yang efektif untuk mempercepat laju metabolisme tubuh.

Selain itu, juga berfungsi untuk meningkatkan masa otot tanpa lemak, membangun kepadatan tulang yang kuat, dan membentuk susunan tubuh yang sehat. Sesi latihan kekuatan yang dapat Anda lakukan adalah chest press, leg press, shoulder press, back rows, leg extensions, sampai crunches. Pada setiap set, lakukanlah 12 kali pengulangan pada setiap latihan.

Sebagai pemula tentu kurang begitu familiar dengan beberapa alat dan cara menggunakannya. Oleh karena itu, saat berada di tempat gym jangan sungkan bertanya kepada trainer di sana. Selain itu, Anda juga membutuhkan disiplin dan sabar agar hasil yang diinginkan dapat terlihat. Yang terakhir, gunakan panduan cara fitnes yang benar ini sebagai langkah awal untuk membentuk postur tubuh yang ideal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *